PROFIL KOMPETENSI LULUSAN PRODI D-III KEPERAWATAN GIGI

Kemampuan lulusan Diploma III Keperawatan Gigi dapat dijabarkan melalui Profil atau  peran lulusan dari Prodi D III Keperawatan Gigi

Kompetensi Utama Program Studi Diploma III Keperawatan Gigi Palembang mengacu pada Permendikbud No. 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Bidang Pendidikan Tinggi dan keputusan Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Nomor: HK.01.07/III11677/2016, yaitu:

  1. Mampu melakukan tindakan Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut secara holistik meliputi promotif dan preventif yang dilaksanakan kepada individu, kelompok dan masyarakat sesuai dengan standar pelayanan, etika profesi dan peraturan yang berlaku.
  2. Menguasai konsep prosedural dan teori Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut (dental hygiene care) sehingga mampu menghasilkan proses Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut secara holistik terhadap sasaran individu dan kelompok.
  3. Mampu mengambil keputusan secara mandiri untuk melakukan tindakan promotif dan preventif yang tepat dalam menunjang pelaksanaan Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut.
  4. Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, melaporkan dan mendokumentasikan hasil pelaksanaan Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut secara bertanggungjawab.
  5. Mampu melaksanakan program promosi kesehatan gigi dan mulut kepada individu, kelompok dan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi yang sesuai kebutuhan berdasarkan standar pelayanan, etika profesi dan peraturan yang berlaku.
  6. Mampu menguasai konsep teoritis promosi kesehatan gigi, teknologi di bidang promosi kesehatan gigi dan mulut yang didukung oleh konsep pengelolaan data, sehingga dapat membantu individu, kelompok dan masyarakat dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut secara mandiri.
  7. Mampu menganalisis situasi untuk menentukan materi, metode dan teknologi promosi yang tepat dalam melakukan promosi kesehatan gigi dan mulut pada individu, kelompok, dan masyarakat.
  8. Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, melaporkan dan mendokumentasikan hasil pelaksanaan promosi kesehatan gigi dan mulut secara bertanggungjawab.
  9. Mampu menyelesaikan pekerjaan sebagai perawat gigi terampil dalam kegiatan asistensi dengan dokter gigi dan perawat gigi ahli sesuai dengan standar prosedur operasional serta prinsip-prinsip patiens safety.
  10. Menguasai konsep teoritis dan teknis asistensi dalam pelayanan kesehatan gigi dan mulut meliputi penatalaksanaan pasien sebelum dan sesudah perawatan, mempersiapkan alat dan bahan kedokteran gigi, transfering alat, pengendalian infeksi silang, dan standar prosedur operasional dalam kegiatan asistensi dengan dokter gigi dan perawat gigi ahli.
  11. Mampu mengelola kegiatan dental assisting dan administrasi klinik meliputi rekam medis gigi, perencanaan dan pelaporan penggunaan alat dan bahan kedokteran gigi serta pengendalian infeksi silang.
  12. Bertanggungjawab pada setiap kegiatan dental assisting yang dikerjakannya dan dapat menjaga kualitas hasil kegiatan asistensi dengan dokter gigi dan perawat gigi ahli sesuai standar.

KOMPETENSI PENDUKUNG LULUSAN

Untuk mendukung visi dan misi Program Studi D-III Keperawatan Gigi Poltekkes Palembang, maka kompetensi utama yang melekat pada lulusan harus ditambahkan dengan kompetensi pendukung lulusan yang membedakan Prodi D-III Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Palembang dengan prodi lain sejenis, yaitu:

  1. Mampu melaksanakan dan mengelola pencegahan karies usia dini berbasis Informasi dan Teknologi.
  2. Mampu mengimplementasi rekam medis berbasis Informasi dan Teknologi. Adapun mata kuliah yang menunjang kompetensi pendukung lulusan antara lain Penatalaksanaan Pencegahan Karies Dini, Pendidikan Kesehatan Gigi, Pencegahan Penyakit Gigi dan Mulut, Sistem Informasi Kesehatan dan Aplikasi Sistem Informasi Kesehatan.